Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

15 Rekomendasi Software Payroll Terbaik di Indonesia 2024

Picture of Jackson Pratama
12 Rekomendasi software payoll

Software payroll adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola perhitungan gaji, pemotongan pajak, dan tunjangan karyawan secara otomatis. Aplikasi ini mengintegrasikan data karyawan, jam kerja, dan kebijakan perusahaan untuk menghasilkan slip gaji yang akurat dan tepat waktu.

Seperti yang diketahui, pengelolaan gaji karyawan adalah proses yang rumit. Pengelolaan secara manual akan sangat sulit dan rentan menghadapi masalah, seperti keterlambatan pemberian upah, kesalahan pencatatan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, payroll software hadir sebagai solusi dari masalah tersebut. Namun, pertanyaannya sekarang, dari berbagai macam pilihan aplikasi payroll, mana yang tepat untuk perusahaan Anda?

Dalam artikel ini kami menyajikan 15 rekomendasi software payroll terbaik di Indonesia 2024 yang dapat Anda pertimbangkan. 

Daftar isi

    DemoGratis

    Manfaat Penggunaan Software Payroll bagi Perusahaan

    Manfaat software payroll membantu mengotomatisasi proses penggajian, mengurangi kesalahan, dan memastikan pembayaran tepat waktu. Software ini bekerja dengan menghitung gaji berdasarkan data karyawan, potongan, dan pajak, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat. 

    Selain itu, software ini juga memastikan perusahaan untuk tetap memenuhi kewajiban terhadap regulasi perpajakan dan ketenagakerjaan yang berlaku, sehingga membuat perusahaan tetap terhindar dari sanksi dan penalti yang dibebankan karena ketidakpatuhan terhadap kebijakan pemerintah. 

    15 Rekomendasi Software Payroll Terbaik di Indonesia 2024

    Dalam memilih sistem payroll, Anda harus selektif dalam melihat kelebihan dan kekurangan yang ada dalam tiap software. Berikut ini adalah 15 rekomendasi software payroll terbaik di indonesia 2024 beserta kelebihan dan kekurangannya: 

    1. Software Payroll Total

    software payroll total

    Software payroll Total adalah solusi bagi bisnis di Indonesia dalam manajemen penggajian karyawan karena menawarkan fitur komprehensif dan mudah digunakan. Dengan perhitungan otomatis sesuai regulasi lokal, Total memastikan akurasi, efisiensi, dan kepatuhan hukum dalam proses penggajian.

    Aplikasi ini didukung oleh fitur komprehensif, termasuk fitur penggajian terlokalisasi dengan perhitungan pajak yang membantu manajemen mengelola gaji sesuai peraturan. 

    Selain itu, Aplikasi payroll ini dilengkapi dengan fitur pengelolaan slip gaji harian/jam otomatis yang memudahkan perhitungan berdasarkan jam atau hari kerja. 

    Software penggajian dari Total juga menawarkan kustomisasi yang memungkinkan penyesuaian sesuai kebijakan internal dan regulasi, memastikan kepatuhan dan fleksibilitas operasional. Jika Anda tertarik, coba demo gratis sekarang

    Kelebihan  Kekurangan 
    Dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan perusahaan. Kurang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah 
    Mudah untuk melakukan integrasi dengan seluruh aspek bisnis Waktu implementasi yang bervariasi tergantung kebutuhan pengguna
    Seluruh data dapat terkumpul dalam satu data base yang meningkatkan keamanan data
    Mudah untuk dipelajari sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk diaplikasikan

    2. SAP SuccessFactors HXM

    Aplikasi payroll SAP memiliki kelebihan yang dapat membantu bisnis Anda, salah satunya adalah dapat terintegrasi dengan pihak ketiga. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyatukan berbagai fungsi bisnis dalam satu platform yang terkoordinasi dengan baik. 

    Selain itu, aplikasi ini tersedia dalam mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dari mana saja dan kapan saja. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Dapat terintegrasi dengan pihak ketiga  Tidak tersedia demo gratis 
    Tersedia versi mobile yang memudahkan untuk diakses dari mana saja dan kapan saja  Sulit untuk dikustomisasi 

    3. Aplikasi Payroll Paychex

    software payroll paychex

    Paychex adalah salah satu aplikasi payroll yang dapat Anda pertimbangkan. Aplikasi ini menawarkan fitur otomatisasi dalam membayar pajak perusahaan. Hal ini membuat perusahaan dapat tetap patuh terhadap aturan pemerintahan yang berlaku. 

    Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan template laporan gaji yang memudahkan perusahaan untuk memproses laporan gajian karyawan. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Dapat mengotomatisasi pembayaran pajak  Dukungan pelanggan kurang responsif
    Menyediakan template laporan gajian  Perlu biaya tambahan untuk mengakses semua fitur

    4. Software Payroll Gusto

    aplikasi gaji karyawan gusto

    Gusto adalah salah satu software gaji yang dengan fitur canggih, seperti pembayaran gaji tanpa batasan jumlah. Aplikasi ini juga memungkinkan perusahaan untuk membayar pajak secara otomatis sebelum jatuh tempo. 

    Meskipun begitu, aplikasi payroll ini memiliki kekurangan berupa biaya tambahan untuk setiap user tambahan yang ditambahkan ke sistem. Selain itu, sinkronisasi gaji pada Gusto terkadang kurang optimal, yang bisa menyebabkan ketidakakuratan dalam proses penggajian. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Memungkinkan perusahaan melakukan penggajian tanpa batasan jumlah  Terdapat biaya tambahan untuk setiap user yang ditambahkan ke sistem 
    Memungkinkan perusahaan untuk membayar pajak secara otomatis setiap bulannya Sinkronisasi gaji yang kerap mengalami kesalahan dan rentan menimbulkan masalah

    5. Aplikasi Payroll HashMicro

    aplikasi payroll hashmicroAplikasi payroll HashMicro merupakan salah satu solusi terbaik di bidang payroll dengan fitur-fitur canggih, salah satunya pengelolaan gaji karyawan secara otomatis. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan yang sering terjadi pada penghitungan manual.

    Selain itu, HashMicro juga dilengkapi dengan fitur manajemen absensi yang terintegrasi dengan sistem. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kehadiran karyawan secara real-time serta mengurangi kemungkinan kesalahan dan manipulasi data absensi kehadiran karyawan. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Otomatisasi proses penggajian  Antrean demo gratis yang panjang karena peminat yang banyak 
    Ramah pengguna sehingga mudah untuk dipelajari dan digunakan 
    Dapat memantau absen karyawan secara real-time dari mana saja dan kapan saja

    6.  Payroll software Fingercheck

    fingercheck payroll software

    Fingercheck adalah salah satu software payroll yang memiliki dukungan pelanggan responsif. Hal ini membuat para pengguna mudah mendapatkan bantuan jika mengalami kesulitan. Selain itu, antarmuka pengguna yang intuitif membuatnya mudah dipahami dan dioperasikan oleh siapa pun. 

    Namun, Fingercheck juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satu kelemahannya adalah akses yang terbatas sehingga beberapa fitur tidak tersedia untuk semua pengguna dan membutuhkan biaya tambahan untuk diakses.

    Kelebihan  Kekurangan 
    Memiliki dukungan pelanggan yang responsif Memerlukan biaya tambahan untuk dapat mengakses semua fitur 
    Antarmuka yang bagus dan tidak membingungkan  Rentang mengalami down-time 

    7.  Aplikasi Payroll Paycom

    Paycom memiliki fitur yang dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan dan penggantian biaya (reimburse). Selain itu, aplikasi payroll Paycom dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola pajak yang muncul dari penggajian karyawan. 

    Meskipun begitu, Paycom memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan, yaitu terbatasnya integrasi dengan sistem lain. Hal ini tentu akan membatasi akses bagi user untuk dapat menyatukan data-data penting dari sistem lain. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan  Terbatasnya kemampuan integrasi dengan sistem lain 
    Meningkatkan efisiensi dalam mengelola pajak perusahaan Kurang cocok untuk bisnis dengan skala kecil dan menengah 

    Setelah membaca beberapa rekomendasi, jika Anda tertarik mengetahui rinician biya implementasi software payroll untuk perusahaan Anda, klik gambar dibawah ini.

    SkemaHarga

    8. Payroll Software Paylocity

    Payroll software Paylocity memiliki antarmuka yang tidak membingungkan. Hal ini menjadikan aplikasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dipelajari dan diimplementasikan dengan perusahaan. 

    Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki kekurangan berupa dukungan pelanggan yang kurang responsif. Hal ini menyulitkan Anda untuk mendapat bantuan dan arahan jika terdapat kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Memiliki antarmuka yang mudah dimengerti  Customer service yang kurang responsif 
    Mudah untuk dilakukan kustomisasi  Rentang mengalami down time 

    9. Aplikasi Payroll Patriot

    Aplikasi Payroll Patriot menawarkan fitur yang dapat membuat perusahaan mengelola gaji dengan jumlah yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, sistem ini juga menawarkan demo gratis dan informasi harga yang transparan. Hal ini memudahkan calon pengguna untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli. 

    Namun, Patriot masih memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak tersedia pilihan untuk mengelola gaji secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini tidak tersedia di mobile yang membatasi akses pengguna untuk dapat membuka aplikasi dari mana saja dan kapan saja. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Dapat mengelola gaji dengan jumlah yang banyak  Tidak tersedia versi mobile 
    Tersedia demo gratis  Tidak dapat mengelola gaji secara otomatis 
    Harga yang transparan  Terbatasnya akses untuk terintegrasi dengan pihak ketiga 

    10. Payroll Software QuickBooks

    aplikasi payroll quickbooks

    QuickBooks Payroll software adalah aplikasi gaji karyawan yang dapat memproses penggajian berdasarkan hari kerja dengan sangat akurat. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memproses gaji karyawan secara akurat dengan menyesuaikan jumlah cuti, lembur, dan hari libur. 

    Namun, QuickBooks Payroll juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti harga yang relatif mahal dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Selain itu, fitur yang dapat diakses di paket basic sangat terbatas. Hal ini mengharuskan pengguna untuk meningkatkan paket yang digunakan. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Tersedia di 50 negara  Harga relatif tinggi 
    Dapat memproses gaji sesuai dengan hari kerja karyawan</span> Fitur yang dapat digunakan sangat terbatas di paket basic

    11. Aplikasi Payroll Rippling

    Rippling menawarkan layanan software payroll global yang efisien dan terpadu, memudahkan bisnis untuk mengelola dan membayar karyawan di seluruh dunia.

    Solusi payroll Rippling secara otomatis menghitung dan mengurus pajak karyawan secara global, serta menyinkronkan semua data HR dengan payroll dalam satu sistem terpadu.

    Kelebihan  Kekurangan 
    Proses penggajian yang cepat dan efektif Fitur yang kompleks dan akses yang rumit
    Kemampuan internasional Biaya lebih tinggi dibandingkan solusi lain
    Integrasi yang luas dengan sistem HR, IT, dan keuangan Bergantung pada koneksi internet

    12. Software Payroll4Free

    Payroll4Free menyediakan software penggajian gratis yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan tanpa beban finansial. Software ini menawarkan keandalan dan kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan.

    Salah satu keunggulan payroll Indonesia ini adalah model bisnisnya yang tidak memungut biaya, menjadikannya solusi menarik bagi perusahaan yang mengutamakan efisiensi tanpa mengurangi kualitas layanan.

    Kelebihan  Kekurangan 
    Penggajian gratis untuk 10 karyawan Tidak dapat diintegrasikan dengan sistem lain.
    Layanan pelanggan yang responsif Tidak tersedia demo
    Dapat diakses oleh semua karyawan Ada iklan saat menggunakan sistem

    13. Aplikasi Payroll Xero

    aplikasi gaji karyawan xero

    Sebagai aplikasi gaji, Xero menawarkan tingkat keamanan tinggi yang dapat menjamin seluruh data karyawan dan informasi keuangan dapat terjaga dengan aman dan terlindungi dari risiko munculnya ancaman bahaya terhadap data tersebut. 

    Meskipun begitu, Xero memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan, yaitu antarmuka yang rumit. Antarmuka yang rumit dan kompleks membuat aplikasi ini akan memakan waktu yang lama untuk bisa dipelajari dan diimplementasikan dengan perusahaan Anda. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Menawarkan tingkat keamanan yang tinggi  Antarmuka yang kompleks dan rumit 
    Cocok untuk bisnis kecil dan menengah  Fitur yang kurang lengkap 

    14. Payroll Software ADP

    payroll software

    Software payroll ADP menawarkan layanan penggajian yang efisien dan user-friendly, mendukung berbagai ukuran perusahaan dengan solusi yang dapat disesuaikan. 

    ADP menyederhanakan proses penggajian dengan penghitungan pajak otomatis dan kemampuan integrasi dengan sistem HR dan manajemen waktu yang sudah ada.

    Kelebihan  Kekurangan 
    Fleksibel sesuai dengan kebutuhan bisnis yang beragam Biaya bisa tinggi tergantung pada fitur yang dipilih
    Menyediakan dukungan pelanggan 24/7 Beberapa fitur hanya tersedia di paket premium
    Mendukung kepatuhan pajak secara lengkap Mungkin terlalu rumit untuk usaha kecil

    15. Aplikasi Payroll Talenta

    Talenta adalah salah satu aplikasi payroll yang terintegrasi dengan aplikasi absensi online. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghindari kesalahan perhitungan, menghemat banyak waktu, dan membayarkan upah karyawan tepat waktu.

    Selain itu,Talenta memiliki beberapa keunggulan, seperti rekapitulasi otomatis untuk data absensi, cuti, dan pajak penghasilan, serta penyesuaian perhitungan sesuai regulasi bisnis. 

    Kelebihan  Kekurangan 
    Mengefisiensikan perhitungan gaji Terbatas pada lingkup SDM
    Memiliki akses mobile Terbatas dalam skalabilitas

    Tips Memilih Aplikasi Payroll yang Tepat bagi Perusahaan

    Software gaji karyawan adalah solusi alternatif yang dapat memudahkan pengelolaan gaji karyawan. Meskipun begitu, selektif dalam memilih sistem yang tepat adalah langkah wajib yang harus dilakukan. Berikut adalah tips memilih software payroll yang tepat bagi perusahaan: 

    • Perhatikan kebutuhan perusahaan: Sebelum mulai mencari aplikasi payroll, penting bagi Anda untuk menentukan kebutuhan perusahaan. Buat daftar kebutuhan agar Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 
    • Selektif terhadap kelebihan dan kekurangan: Tiap aplikasi akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan bahwa kekurangan aplikasi tersebut tidak akan mengganggu produktivitas perusahaan Anda. 
    • Perhatikan dukungan pelanggan yang diberikan: Aplikasi yang baik tidak akan meninggalkan Anda begitu saja setelah pembelian dilakukan. Pastikan aplikasi yang Anda pilih disertai dengan dukungan pelanggan yang responsif agar dapat membantu Anda saat mengalami kesulitan. 
    • Up to date terhadap regulasi: Kepatuhan terhadap regulasi membantu perusahaan menghindari denda dan masalah hukum. Software yang terus diperbarui sesuai perubahan regulasi akan memudahkan perusahaan menjaga kepatuhan.
    • Memiliki jaminan keamanan: Pastikan aplikasi payroll memiliki sistem enkripsi yang kuat dan bersertifikasi untuk mencegah data terekspos ke luar sistem karena keamanan data keuangan perusahaan dan karyawan harus menjadi prioritas utama.

    Kesimpulan 

    Proses pengelolaan gaji karyawan sangat memerlukan waktu yang lama dan rumit. Apalagi, jika karyawan yang dikelola mencapai ratusan atau ribuan. Melakukan proses penggajian secara manual akan sangat melelahkan dan rentan mengalami human error. 

    Dalam hal ini, terintegrasi dengan aplikasi payroll seperti Total adalah solusi alternatif yang dapat Anda lakukan. Total memiliki kelebihan dan fitur yang dapat mempermudah perusahaan untuk mengelola proses penggajian karyawan. 

    Sebagai sebuah aplikasi gaji karyawan, Total dapat terintegrasi dengan seluruh aspek bisnis Anda. Selain itu, aplikasi Total dapat mengintegrasikan seluruh data ke satu platform utuh yang semakin memudahkan perusahaan dalam mengelola gaji dan data karyawan yang ada. Anda dapat mencoba demo gratis dengan mengklik di sini! 

    Picture of Jackson Pratama
    Jackson Pratama

    Artikel Terkait

    Saatnya Beralih ke Solusi ERP yang Lebih Efisien

    Saatnya Beralih ke Solusi ERP yang Lebih Efisien Coba GRATIS Sekarang

    Artikel Terkait

    Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

    Telah Dipercaya Oleh

    Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini